Tips Memilih Jasa Penerbitan Indie

2 minggu yang lalu      Penerbitan Indie

Seiring tingginya kebutuhan berekspresi dan berkarya dengan menerbitkan buku,  kini banyak bermunculan penerbit yang melayani jasa penerbitan buku indie. Maka, seorang penulis yang ingin menerbitkan karyanya secara indie, otomatis dihadapkan dengan banyak pilihan penerbit indie yang akan diserahi naskah untuk kemudian diproses menjadi buku.

Dalam memilih penerbitan indie, seorang penulis harus cermat dan tidak asal-asalan yang berpeluang membuatnya kecewa, karena hasil yang kurang maksimal atau bahkan tidak berkualitas.  Oleh karena itu, perlu cermat dalam memilihnya. Berikut ini beberapa tips yang bisa menjdi bahan pertimbangan.

  1. Lihat produk-produk buku yang dihasilkannya

Ini penting untuk melihat sejauhmana profesionalitasnya. Tahap awal, lihatlah desain-desain kaver buku yang telah diterbitkannya. Kaver buku adalah etalase yang dilihat pertama kali oleh calon pembeli/pembaca. Kualitas kaver juga akan menjadi kebanggaan atas karya kita. Kalau buku kita desain kavernya bagus, maka akan membuat kita percaya diri untuk memasarkannya dan berpelung mendongkrak penjualan buku tersebut. Selanjutnya baru ke kualitas cetak.

Yang terakhir ini (soal kualitas cetak) barangkali tidak bisa terdetek secara online, namun setidaknya bisa kita telusuri dari testimoni para penulis yang telah menerbitkan bukunya lewat penerbit tersebut (bila ada).  

  1. Harga/biaya yang terjangkau

Soal harga atau biaya memang penting. Dalam soal biaya ini, kami sarankan untuk tidak terjebak pada kata “murah”, karena kata itu bisa membawa kita pada penyesalan, karena boleh jadi atau sering murah itu berarti kualitas yang tidak maksimal, baik dari sisi desain, layout, maupun cetak serta yang lainnya.

Kekuatan sebuah buku, selain ada pada isi (tulisannya) dan kualitas editing, juga terletak pada kemasannya, yakni pada desain kavernya, layoutnya, dan kualitas cetaknya.

Mengeluarkan kocek sedikit lebih mahal (baca: terjangkau) adalah pilihan bila memang kualitas yang menjadi pilihan, tak sekedar buku itu terbit, tapi juga membanggakan karena kualitasnya yang bagus.

  1. Ada fasilitas pendukung

Selain kualitas produk dan biaya yang terjangkau, penerbit indie yang bersangkutan juga memiliki fasilitas pendukung lainnya, misalnya media promo untuk mempromosikan buku kita. Tidak hanya media promo di media sosial (facebook, twitter, dlsb), tapi juga online shop tempat mendisplay dan menjual buku-buku yang telah diterbitkan.

Syukur juga ada fasilitas edukasi terkait tips-tips menulis dan layanan konsultasi dari penerbit indie tersebut.  Ini menjadi penambah dorongan untuk menjadikan penerbit indie tersebut sebagai pilihan menerbitkan naskah kita.

Setidaknya, 3 tips itu bisa menjadi acuan dalam memilih penerbitan indie yang berkualitas. Semoga bermanfaat.*

(@Tim Oase Qalbu Group). Sumber ilustasi: http://www.agoracosmopolitan.com

 

Layanan jasa penerbitan indie berkualitas:

PUSTAKA NUSANTARA

Hub via WA: 081347014686



Artikel Terkait



Komentar Artikel "Tips Memilih Jasa Penerbitan Indie"